Rabu, 18 September 2019

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Kredit Mobil


Saat ini memiliki mobil adalah kebutuhan hampir semua orang. bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan jarak tempuh yang jauh, mobil menjadi pilihan alat transportasi yang nyaman ketimbang menggunakan moda transportasi umum yang jelas akan memakan waktu.

Memiliki mobil saat ini bukan lagi hal yang sulit. Banyak lembaga yang menawarkan kredit mobil dengan bunga yang rendah, sehingga tidak membebani keuangan mu.

Selain mobil baru, kamu juga bisa melakukan kredit mobil untuk unit mobil bekas. Disamping harga yang lebih ramah kantong, harga jual kembali mobil bekas tidak terlalu merugikan.

Sebelum kamu memutuskan untuk kredit mobil, berikut ada hal-hal yang biasa kamu simak  terlebih dahulu.

Tentukan Jenis Mobil
Menentukan jenis mobil yang ingin kamu miliki. Selain jenis, kamu juga perlu memperhatikan apa yang sebenarnya kamu butuhkan dari mobil tersebut. Jika kamu banyak menghabiskan waktu diluar rumah, memilih mobil dengan fitur yang ramah lingkungan dan memilikis kabin besar adalah solusinya. Karena selain untuk transportasi, mobil yang kamu miliki pasti menjadi tempat untuk menyimpan segala keperluan kamu selama diperjalanan.

Baca juga : Kredit Mobil Bekas Lewat Perorangan

Memilih Penyedia Kredit Yang Terpercaya
Terdapat dua pilihan penyedia layanan kredit, ada bank ataupun leasing. Kamu bisa memilih salah satu diantara keduanya. Kedua lembaga tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Proses pengajuan kredit dengan leasing jauh lebih mudah dan lebihi cepat prosesnya, namun bunga yang ditawarkan pihak leasing luamayan tinggi ketimbang bunga yang ditawarkan pihak bank. Namun pengajuan kredit dengan bank sedikit memakan waktu untuk prosesnya dan persyaratan yang lebih rumit.

Perhitungkan Jangka Waktu Kredit dan Suku Bunga
Memilih untuk kredit, berarti kamu harus siap menanggung beban pembayaran cicilan setiap bulannya. Memilih jangka waktu cicilan mempengaruhi besarnya cicilan yang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Semakin lama jangka waktu yang dipilih, maka akan semakin ringan cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Namun, jika kamu memelih tenor yang lama,itu artinya suku bunga yang kamu dapatkan akan semakin besar.

Down Payment dan Besar Cicilan
Saat ini pemerintah sudah menetapkan besaran DP (Down Payment) untuk kredit mobil, yaitu sebesar 30% dari harga jual mobil tersebut. Uang muka yang dibayarkan berpengaruh juga terhadap cicilan yang kamu bayarkan setiap bulannya. Semakin besar uang muka yang kmau bayarkan, maka cicilan yang kamu bayarkan setiap bulannya akan semakin ringan.

Pelajari Isi Kontrak
Ketika kamu membeli mobil dengan system kredit, ada kontrak yang harus kamu tanda tangani. Sebelum kamu menandatangani kontrak tersebut, kamu perlu untuk membacanya dan memahami isi dari kontrak tersebut. Agar informasi yang disampaikan jelas dan tidak terjadikesalah pahaman antara konsumen dan pihak penyedia kredit.

Itu tadi beberapa poin yang bisa kamu pahami sebelum memilih untuk mengajukan kredit mobil baik kredit mobil bekas atau baru dengan aman.

This Is The Newest Post